[Cerita Doang] Jangan Masuk Sastra Jepang Kalau Cuma Suka Anime

Ngetroll banget ya judulnya.. hahaha

Emang bener sih, gw seriusan! Jangan hanya karna suka sama anime terus itu yang menjadikan lu kepengen masuk Jurusan Sastra Jepang. Tidak semudah itu ferguso!

Tahun 2011 adalah awal gw jadi mahasiswa, hanya karna cuma iseng doang akhirnya gw milih buat masuk Jurusan Sastra Jepang. Dengan background SMA gw apa tapi gw malah miliih sastra (nyasar jurusannya). Alesannya simpel karna belom ada yang lulusan Sastra Jepang di keluarga. Tapi gk polos-polos amat, semasa SMA kelas 2 dan 3 gw udah dapet dasar-dasar Bahasa Jepang, makanya gw beranikan ngambil jurusan itu.

Hari pertama perkuliahan sekelas termasuk gw pun pada bengong, tuh dosen full ngomong Bahasa Jepang. Dengan cuma mengandalkan dasar yang biasa-biasa aja langsung keringet dingin dan kebingungan. yah bisa dibilang itu awal masuk kuliah yang buruk..

Singkat cerita tahun demi tahun berlalu setiap semester pun materi pembelajarannya makin gk karuan susahnya. Ya anda tau sendiri Sastra Jepang bukan sekedar belajar ngomong dan ngerti Bahasa Jepang, di semester pertama materi Bahasa Jepang nya cuma ada 2 sih tapi bercabang kayak akar. ada Dokkai 1 dan Nihongo Kiso 1 yang dipecah jadi 5 mata kuliah lagi, nih gw rinciin.

  1. Bunpo : Ini belajar tentang partikel-partikel yang ada di Bahasa Jepang seperti wa は, ga が, ni に, no dll. Disini lu bisa mual-mual kalo gk paham.
  2. Kanji : nah sesuai namanya ini belajar baca dan nulis Kanji Jepang (bukan Hangeul), Kanji pun ada 2 jenis cara baca yaitu Kunyomi 訓読み dan Onyomi 音読み. (pembahasannya nanti gw buat deh, atau kalian bisa cek di mbah gugel)
  3. Kikitori : bisa diartikan mendengarkan/listening kalo Bahasa Inggrisnya. Nah sama kayak artinya lu belajar dengerin percakapan-percakapan trus lu bedah dia ngomong apaan.
  4. Kaiwa : artinya percakapan, ya tau lah maksudnya belajar ngomong Bahasa Jepang
  5. Happyou : artinya presentasi, ya lu disuruh presentasi pake Bahasa Jepang

Gimana udah mabok belom sama materi semester pertama diatas?

Kalo belom mabok tenang masih ada 7 semester lagi. . .HAHAHAHAHAHA

Itu baru semester pertama yak!. Masih ada Rekishi(Sejarah Jepang), Telaah Prosa Jepang, Telaah Drama Jepang, Telaah Puisi Jepang yang sumber materinya full Bahasa Jepang. Satu lagi di Sastra Jepang ada Matematika juga loh! Jangan harap anda akan terlepas dari yang namanya Matematika. HAHAHAHA

Intinya jangan hanya karna suka Anime menjadikan alasan kalian-kalian pada buat masuk Jurusan Sastra Jepang. Pikirin lagi mau jadi apa nanti kalo ngambil Sastra Jepang, terus siap gk tiap hari mabok sama materi-materi diatas?

 

Udah lah ya ceritanya gitu aja namanya juga Cerita Doang ya suka-suka gw lah ceritanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *